How to Stay on Diet on New Year

Happy New Year 2019!! Semoga di tahun yang baru ini, kalian punya semangat, niat, dan mindset baru. Terutama yang katanya pingin kurus, semoga disiplinnya baru juga HAHAHAHAHA.

Anyway, tahun baru ini kalian pergi ke mana? Aku bersama keluargaku pergi ke Jogjes sehari doang. Maklum, deket dari Semarangan, jadi laju deh.

Biasanya kalau udah liburan gini, pasti pada bingung berat badan naik, ye kan, ayo pada ngaku. Pasti kalian banyak ngerasa bersalah makan makanan “kotor” dari Natal sampai Tahun Baru. Makanan yang kalian itu ga ada yang kotor kok, percayalah. Yang kotor mulut kalian itu, pasti harus dilap kan celemotan hahahahaha.

Ada salah satu diet yang paling mudah untuk mengatur kalori yang kalian asup selama liburan. Namanya intermittent fasting (IF) atau puasa atau OCD (kalian pasti lebih familiar dengan nama ini).

Diet ini terdiri dari dua ‘jendela’, yaitu jendela puasa dan jendela makan. Ada 4 pasang jendela IF: 16-8, 18-6, 20-4, dan 24-0.

Yang umumnya digunakan untuk liburan, adalah jendela 16-8, artinya kita harus puasa selama 16 jam dan hanya boleh makan selama 8 jam sisanya. Untuk jamnya, bisa kalian atur sendiri, misalnya dari jam 12 siang sampai 8 malam.

Ada yang nanya sama aku: kalau puasanya kurang dari 16 jam bisa ga, Stel? Jawabannya, no. You have to fast, at least, 16 hours a day. Ini ada penjelasan secara ilmiahnya kok. Nanti akan aku bahas lebih detil di tulisan selanjutnya.

Honestly, diet itu memang penting, tapi ga sepenting momen-momen bareng keluarga dan orang-orang tercinta (baru sekarang aja aku mikir begini, dulu aku juga takut makan kok, it’s a story for another time šŸ˜). Cuma nih… Kalau kalian emang pingin banget ngatur kalori masuk kalian, this IF is really effective, dan kalian masih bisa enjoy makan-makan.

Remember, you can always get back on track after your vacation.

Sampai ketemu tahun depan!

Salam sehat! šŸ’Ŗ

Cheers

šŸ˜‰

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s