The Journey (PART 2)

Di part 1, aku membahas soal kelas kan. Kalian tahu, ketika kalian bergabung ke studio senam atau mega gym (seperti G**d’s Gym) , biasanya mereka punya studio untuk kelas aerobik, yoga, dan cycling. Nah, masing- masing punya kelas-kelas yang berbeda.

For me, karena aku tidak suka olahraga yang monoton, aku hampir tidak pernah ikut kelas cycling. Kelas ini mirip seperti balap sepeda gunung, bedanya adalah kalian bersepeda di dalam kelas selama kurang lebih 45-50 menit. Honestly, I was really bored (and still I am). Tapi, kalau kalian suka bersepeda, aku sarankan kalian coba ikut kelas ini.

Berhubung aku suka total body work out, aku ikut kelas aerobik. Selama setahun aku melakukan fat loss, aku ikut Bodypump, Bodycombat, Energy Aerobic, dan kelas HIIT.

Nah, setelah 2 bulan diet (dan berhasil turun 8 kg ๐Ÿ˜ค), aku masuk masa plateu, titik dimana berat badan tidak mau turun lagi. Inilah alasanku mulai ikut kelas di gym. Aku butuh variasi latihan supaya tidak bosan. Aku juga mengganti dietku menjadi intermittent fasting dengan jendela 16-8 dan 2 kali jendela 24-0 dalam seminggu (diet ini sudah aku jelaskan sedikit di sini).

Untuk latihan kardio, aku ikut kelas Bodycombat (sampai sekarang lho). Bodycombat ini adalah kelas kardio yang menggabungkan gerakan bermacam-macam martial arts atau bela diri dengan musik yang bikin semangat. Awal-awal ikut kelas ini, aku seperti orang yang punya asma HAHAHAHAHA. Pokoknya bener-bener bikin ngos-ngosan. Yang seru (ceritanya aku menghayati banget gitu deh ๐Ÿ˜…), aku berasa kaya tukang silat beneran hahahahaha. Kalau kalian suka olahraga yang cukup hardcore, kalian harus coba ikut kelas ini.

Selain Bodycombat, aku juga ikut Energy Aerobic dan kelas HIIT.

Energy Aerobic mirip dengan Aerobik biasa, hanya saja menurutku lebih melelahkan dan lebih bikin ngos-ngosan. Di kelas ini, gerakannya mirip kok seperti di kelas Aerobik biasa, tapi lagu yang dipakai temponya lebih cepat, jadi gerakannya juga jadi lebih cepat, dan itulah yang bikin ngos-ngosan HAHAHAHAHA. Yang penting enjoy, bener ga? ๐Ÿ˜†

Kelas kardio yang terakhir adalah kelas HIIT. HIIT adalah singkatan dari High Intensity Interval Training. FYI, olahraga ini membakar lemak paling tinggi. Latihannya bermacam-macam (contoh latihannya kaya gambar di atas), biasanya terdiri dari 5 gerakan lebih dalam 1 round, 1 gerakan dilakukan selama 60 detik atau kurang, masing-masing gerakan punya waktu istirahat 15-30 detik, dan 1 round dilakukan minimal 3 kali. Pertama kali aku ikut kelas ini, nafas rasanya mau putus hahahahaha.

Untuk latihan angkat beban, aku ikut kelas Bodypump (sekarang aku jadi instruktur Bodypump, dong ๐Ÿ˜). Menurutku, kelas ini termasuk kelas kardio intensitas sedang karena menggunakan beban. Tapi tenang, beban yang dipakai adalah beban ringan sampai sedang karena kita diharuskan bergerak mengikuti tempo lagu. Honestly, kelas ini yang bikin aku jatuh cinta banget sama weightlifting. Dari sinilah aku belajar dasar-dasar weightlifting. Kalau kalian malas weightlifting sendiri, aku sarankan kalian ikut kelas ini supaya ketika lemak kalian turun, tubuh kalian tetap kencang dan tidak menggelambir.

Selama sekitar setahun, aku melakukan fat loss. Seiring waktu, aku merasakan fitness level-ku meningkat. Awalnya aku berolahraga 3 kali seminggu, dan setelah 3 bulan pertama aku berolahraga 5 kali seminggu. Dari usaha kerasku ini, aku berhasil menurunkan sekitar 33 kg. Keren, kan! ๐Ÿ˜ค

Nih buktinya. Di foto ini beratku sekitar 47-50 kg. Kecil kan ๐Ÿ˜

But, my journey haven’t finished. Setelah kurus, aku mengalami fase takut makan dan takut gemuk. Kalian yang pernah gemuk mungkin pernah mengalaminya. Nah, gimana ya cara mengatasinya?

*Berlanjut ke PART 3 ๐Ÿ˜›

Stay tuned, guys.

Salam sehat! ๐Ÿ’ช

Cheers ๐Ÿ˜‰

3 Comments

  1. hahahahaha, ini beneran personal trainer akuโ€ฆ waktu pertama kenal sih aku pikir apa sih nih anakโ€ฆ tp pas udah kenal wow, banyak ilmu yg dia bagi ke akuโ€ฆ pas dia pindah gw merasa sedih juga sih. gak ada temen yg mau berbagi ilmu sama gw, soalnya gw bener2 gak ngertiโ€ฆ tp sekarang mulai lah belajar pelan2โ€ฆ

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s