Calories Counting Penting Ga, Sih?

Ngomong soal kalori, buat kalian-kalian yang sedang fat loss, muscle gain, ataupun maintaining (intinya semua program, deh), kalori itu dasar dari semua diet.

Kalori adalah perkiraan asupan yang kita perlukan dalam sehari-hari. Umumnya, cewek membutuhkan 1.500-2.000 kalori (tergantung keaktifan masing-masing orang), dan cowok membutuhkan 2.000-2.500 kalori per hari.

Kalori inilah yang membatasi seberapa banyak kita harus makan dalam sehari. Untuk maintaining berat badan, usahakan jangan sampai melebihi kalori harian yang kalian butuhkan dalam sehari. Misalnya, untuk cewek yang aktif dan rajin berolahraga, jika ingin maintaining, ia harus memakan minimal 1.500 kalori per hari (bisa sampai 2.000 kalori).

Untuk fat loss, konsepnya adalah calories in < calories out atau caloric deficit. Misalnya, jika kalian membutuhkan 1.500 kalori sehari, maka untuk menurunkan lemak, kalian harus mengasup 1.000 kalori saja. Can you imagine? Jika kalian melakukannya dalam seminggu, berarti kalian sudah memotong sebanyak 3.500 kalori! 😱

Sebaliknya, bagi kalian yang ingin menaikkan berat badan atau massa otot, kalori yang kalian butuhkan adalah calories in > calories out atau caloroc surplus. Misalnya, jika kebutuhan per hari kalian adalah 2.000 kalori, maka kalian harus mengkonsumsi sebanyak 2.500 kalori sehari.

Kalo ditanya penting engganya, menurutku penting ga penting, ya. Waktu aku masih takut makan, jujur aja, aku ngitung kalori banget, sampai detil terkecil. Tapi, seiring waktu, aku capek ngitung hahahahahaha. Pada akhirnya, aku hanya menggunakan perkiraan (khusus masakan, ya). Tapi, untuk makanan kemasan, lebih baik kalian hitung kalorinya (ada di tabel nutrisi di kemasan). Lebih aman 😀

Well, semua balik ke kalian, apakah kalian merasa lebih nyaman dengan menghitung kalori atau tidak. Yang pasti, kalau kalian melakukan diet, semuanya berdasarkan kalori.

Tapi, bukannya pilih-pilih sumber lebih penting, ya? Wah, ini perlu pembahasan lebih lanjut dan detil (tunggu aja post selanjutnya 😉).

I’ll see you on my next post.

Salam sehat! 💪

Cheers

😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s