Cardio or Weightlift First?

Di gym tempatku mengajar, ada beberapa member tanya, kalau olahraga bagusnya kardio dulu atau angkat beban dulu?

Apa kalian juga suka bertanya-tanya? Yang bener kardio dulu atau beban dulu, ya? Mungkin dari kalian ada yang mikir, kalau mau angkat beban kan harus pemanasan dulu, mending kardio dulu sebelum angkat beban, sekalian pemanasan. Ga salah, sih, namanya olahraga emang kudu pemanasan dulu supaya meminimalisir kemungkinan cedera.

Kalau menurut banyak Trainer, yang bagus adalah angkat beban dulu baru dilanjutkan kardio. Menurut pengalamanku sendiri, memang lebih efektif angkat beban dulu. Kenapa?

Untuk melakukan angkat beban, kita pasti membutuhkan energi. Energi yang kita keluarkan saat weightlifting akan lebih maksimal jika kita melakukannya lebih dulu. Kalau kita kardio dulu, energi yang harusnya bisa kita gunakan untuk weightlifting sudah terpakai untuk kardio.

Kebayang ga, misalnya hari ini kita leg day, terus kita kardio dulu di treadmill atau stairmaster buat pemanasan. Yah… Udah pegel duluan dong kakinya padahal kita belum ngapa-ngapain. Jadi ga maksimal angkat bebannya 😥

Nah, untuk pemanasan sebelum weightlift, kalian bisa melakukannya dengan gerakan-gerakan yang akan kalian latih hari itu menggunakan beban yang sangat ringan (1-2 kg), atau menggunakan resistance band. Lakukan 3-4 set dengan 8-12 repetisi per setnya untuk muscle activation, dan dilanjutkan dengan latihan beban. Baru setelah itu, kita melakukan kardio 30-60 menit memakai energi yang tersisa.

Semoga postingan ini menjawab kebingungan kalian, ya. Selamat mencoba!! 😄

Salam sehat! 💪

Cheers

😉

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s