Apa, sih, yang Harus Diprioritaskan Saat Diet?

Hai, healthy people. Do you remember my previous post? About how calories is the most important part in your diet, nah, sekarang aku akan jelaskan lebih detil.

Gambar piramid ini aku ambil dari website rippedbody.com.

Jadi, bisa kita lihat, prioritas nutrisi yang paling penting adalah kalori. Kalau kalian sedang fat loss, diet kalian harus calories in < calories out. Begitu pula sebaliknya, jika kalian sedang gain, diet kalian harus calories in > calories out.

Yang kedua adalah nutrisi makro. Nutrisi ini dibutuhkan dalam jumlah yang besar oleh tubuh. Nutrisi makro yang kita butuhkan sehari-hari ada 3, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Mulai tingkat ini, kita harus memperhatikan dari mana sumber nutrisi yang kita asup. Walaupun kita sedang fat loss, kita tetap membutuhkan kebutuhan lemak harian kita. Misalnya, kita mengambil lemak dari sumber yang sehat, seperti buah alpukat, ikan salmon, olive oil, dll.

Yang ketiga adalah nutrisi mikro. Seperti namanya, nutrisi ini dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil, yaitu vitamin dan mineral (zat besi, magnesium, kalsium, dll). Walaupun jumlahnya kecil, nutrisi ini cukup penting supaya tubuh kita tetap sehat sampai usia tua nanti (kalau kurang kalsium, tua nanti jadi lemah 😂). Pilihlah sumber nutrisi mikro dari sumber yang sehat seperti bayam, kangkung, pisang, dsb.

Yang keempat adalah waktu atau banyak kalinya makan. Timing berpengaruh ke komposisi tubuh. Misalnya, untuk cutting, makanlah 3-4 kali sehari, sedangkan untuk bulking, makanlah 4-5 kali sehari. Untuk membantu pembakaran lemak tubuh yang bandel, kalian bisa melewatkan sarapan pagi (itu juga mengurangi kalori yang kalian asup jika kalian sedang fat loss).

Yang terakhir, suplemen. Namanya aja suplemen. Fungsinya hanya sebagai pelengkap. Misalnya, berat badanku 57 kg, kebutuhan proteinku dalam sehari adalah sekitar 2x berat badan (dalam gr) atau 114 gr, dan asupanku dari whole food hanya mencapai 60-80 gr. Aku bisa mengkonsumsi susu protein untuk memenuhi kebutuhan protein yang kurang.

INGAT, yang terpenting dalam semua diet adalah jumlah kalori. Semoga postingan ini membantu program diet kalian.

Salam sehat! 💪

Cheers

😉

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s