Compound Training: Burn More Calories in a Shorter Time

Di sini aku udah share soal latihan beban. So, sekarang aku mau share macem-macem jenis latihan beban.

Latihan beban terbagi jadi 2, yaitu compound training dan isolation training. Aku akan jelasin tentang compound training.

Apa sih compound training itu? Kenapa bisa bakar kalori lebih banyak padahal waktu latihannya lebih pendek?

Compound training adalah latihan beban yang menargetkan beberapa bagian otot sekaligus dalam 1 gerakan. Enak, kan πŸ˜„

Capek, dong, latihannya. Pasti. But, in the other hand, karena otot yang digunakan ga cuma 1, beban yang bisa diangkat jauh lebih berat daripada latihan yang cuma fokus 1 otot.

Misalnya, squat. Ini salah satu latihan favoritku hahahahaha. Squat ada macem-macem varian, loh. Untuk contoh ini, aku pakai normal squat. Squat yang dilakukan dengan benar, akan melatih hampir semua otot kaki (termasuk pantats), dengan beban dominan di paha depan atau quadriceps. Squat sendiri punya fungsi menguatkan core juga, loh. Bisa bikin kekuatan perut lebih kuat, dan buat para calon mami, gerakan ini bisa melatih otot perut kalian supaya lebih kuat saat melahirkan nanti (ciwik-ciwik bule persiapan ngelahirinnya begini, buk-ibuk, berhubung mereka kaga kenal tukang urut bayi πŸ˜…).

Selain squat, compound training yang sering aku pakai adalah rows, lunges, presses, dan deadlifts. Semua latihan ini melatih semua bagian tubuh kita.

Nah, karena yang dilatih ada beberapa otot, otomatis kalori yang terbakar saat compound movements pasti lebih banyak dibanding latihan yang isolation. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk latihan beban juga lebih sedikit. Kalian yang hanya bisa latihan beban 3x seminggu, coba lakukan latihan ini setiap kalinya dan lakukan compound training untuk total body workout. Pasti cukup pegel badannya nanti πŸ‘

Monggo tinggalin komen kalau mau nanya-nanya.

Salam setrong! πŸ’ͺ

Cheers

πŸ˜‰

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s