How to Breakthrough a Plateu

Plateu. Pernah denger kata itu? Kata canggihnya stuck. Dalam program apapun, fat loss atau muscle gain, pasti akan ketemu sama fase ini. Fase ketika badan ga mengalami perubahan yang signifikan atau malah stuck sama sekali. Biasanya langsung stres kalau ketemu fase ini.

Dulu, aku juga ketemu sama fase ini. Stres juga. Sebulan ga turun sama sekali. Udah diet dan olahraga, tetep aja stuck. Tapi aku berhasil lewatin loh. Aku kasih tau tipsnya.

1. Replan Your Diet

Diet yang awal kalian coba, harusnya masih bisa digunakan. Tapi, sayangnya, badan ga kenal itu. Badan hanya tau bahwa kalian makan sesuai diet yang kalian lakukan. Dari pengalamanku, biasanya suatu diet itu ampuh selama 2-3 bulan, setelah itu badan akan masuk masa plateu. Ada kemungkinan badan mulai terbiasa dengan makanan-makanan yang masuk, dan akhirnya diet itu ga ngasih pengaruh apa-apa ke badan. Coba kalian replan diet kalian, either ganti diet atau pilihan makanannya atau asupan kalorinya.

2. Improve Your Exercise

Jika kalian sudah mencoba cara pertama dan badan kalian masih belum mengalami perubahan, coba kalian improve olahraga atau latihan kalian. Misalnya, jika kalian hanya melakukan kardio dan weightlifting, coba tambahkan yoga, dance, zumba, atau aerobik ke menu latihan kalian. Atau kalian juga bisa coba mengganti jadwal latihan kalian, misalnya hari Senin, Rabu, dan Jumat kalian melakukan weightlifting, kalian bisa ubah jadwal weightlifting kalian di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

3. Istirahat dengan NEAT

Kalian yang melakukan weightlifting, pasti akan disarankan untuk beristirahat minimal 1 hari dan maksimal 2 hari seminggu. Nah, coba isi hari off gym kaliam dengan NEAT (Non-Exercise Activity Thermogenesis) atau kardio ringan tapi bukan termasuk latihan. Misalnya, jalan-jalan dengan anjing di taman, membersihkan rumah, atau bersepeda santai di kompleks perumahan. Aktivitas ini akan meningkatkan pertumbuhan otot selama dalam masa istirahat.

4. Jangan Nimbang Setiap Hari

Biasanya, kebiasaan orang yang lagi fat loss, terutama yang punya patokan angka timbangan, akan nimbang tiap hari (aku dulu begitu, naik 1 ons doang udah kaya liat setan πŸ˜‚). Percayalah, ketika kalian melakukan fat loss, timbangan itu bukan patokan, malah bisa bikin tambah stres. Apalagi ketika masuk masa plateu, nimbang tiap hari, tapi berat ga turun sedikit pun, makin stres deh. Stres itu musuh dari diet. Diet apa aja akan ga mempan jika kalian stres. Rileks aja, nikmatin proses perubahan kalian.

Semoga membantu.

Salam sehat! πŸ’ͺ

Cheers

πŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s