HIIT: Latihan Singkat, Bakar Lemak Maksimal

Di sini udah pernah aku bahas tentang HIIT. Sekarang aku akan bahas lebih detil.

High Intensity Interval Training atau biasa disingkat HIIT adalah latihan yang terdiri dari satu atau beberapa gerakan yang dilakukan dengan mengkombinasikan high intensity exercise dan low intensity exercise. Maksudnya gimana, tuh?

Contohnya pake gambar di atas ya. Aku pakai yang nomer 1. Dalam 1 ronde, kalian punya 4 gerakan, yaitu squats, push ups, plank dan burpees. Waktu yang dipakai masing-masing gerakan hanya 30 detik. Kalian bisa cari aplikasi HIIT timer untuk membantu kalian latihan.

Jadi, ketika timer dimulai, kalian harus melakukan squats sebanyak-banyaknya, setelah 30 detik, alarm akan berbunyi, dan kalian harus langsung melakukan push ups. Begitu pula selanjutnya, sampai kalian selesai melakukan burpees, baru kalian boleh istirahat 30 detik. Itu kalian baru selesai 1 ronde. Supaya efektif, lakukan 4-5 kali per ronde. Aku jamin kalian akan merasa kaya orang habis balapan lari marathon ๐Ÿ˜‚

Contoh lain yang lebih gampang, kalian bisa lakukan ini do treadmill. Kombinasikan antara sprint dengan jogging. Jangan lupa, sebelum masuk ke latihan HIIT, lakukan pemanasan dulu. Pemanasan bisa dengan jalan cepat atau jogging. Setelah badan mulai panas, lakukanlah HIIT dengan interval 30-30. Untuk beginner, kalian bisa lakukan selama 15 menit, dan kalian yang merasa fitness level kalian cukup bagus bisa coba melakukannya selama 30 menit (HIIT doang ya, pemanasan ga termasuk).

HIIT di Treadmill

30 detik sprint

30 detik jogging

30 detik sprint

30 detik jogging

Lakukan sampai berakhir di 30

detik jogging.

Latihan ini sangat efektif untuk fat loss karena berfokus pada cardiovascular, bahkan lebih efektif dari latihan kardio lain. Kenapa? Latihan ini tidak hanya meningkatkan detak jantung, tapi juga bertujuan menghabiskan oksigen di jantung yang berakibat metabolisme meningkat dan mengakibatkan pembakaran lemak berlanjut.

Dulu waktu aku masih diet, aku melakukan HIIT 3-5x seminggu. Turunnya emang cepet banget. Dan yang pasti, fitness level naik jauh, terutama bagian jantung.

Enaknya dari latihan ini, kalian ga harus pakai alat. Latihan ini bisa dilakuin di mana aja, bahkan di rumah sekalipun. Yang penting kalian niat olahraga. Change starts from now.

Salam sehat! ๐Ÿ’ช

Cheers

๐Ÿ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s