5 Makanan Berlemak yang Bagus Dikonsumsi untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin banyak dari kalian yang melakukan diet non-fat supaya lemak kalian turun. Sebenernya itu ga sehat loh. Karena untuk berfungsi secara baik, tubuh tetap membutuhkan lemak yang cukup. Contohnya aja, cewek yang sangat kekurangan lemak mungkin mengalami siklus haid yang ga teratur (efeknya beda-beda untuk masing-masing orang).

Lemak adalah cadangan energi. Namanya aja cadangan energi, kalau ga dipakai untuk bergerak, lemak pasti akan terus disimpan tubuh. Supaya lemak turun, kalian cukup mengurangi dan mengganti sumber asupan lemak, total kalori keseluruhan, dan berolahraga secara teratur.

Lemak sendiri terbagi menjadi 2, yaitu lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik inilah yang masih dibutuhkan tubuh untuk mengurangi resiko berbagai macam penyakit dan menyempurnakan fungsi kinerja tubuh.

1. Ikan

Ikan salmon, tuna, sarden, dan makerel adalah salah satu sumber lemak baik untuk tubuh. Daging ini mengandung omega 3 yang tinggi yang sangat baik untuk jantung dan otak. Untuk mengurangi asupan lemak, kalian bisa masak daging ini dengan cara dipanggang, dibakar, direbus, atau disteam.

2. Alpukat

Alpukat adalah salah satu sumber lemak nabati yang baik untuk kesehatan jantung dan sendi. Selain itu, buah ini juga dapat menurunkan kadar lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh. Kalian bisa mengkonsumsi buah ini 1x sehari 1 buah.

3. Biji-Bijian

Biji-bijian juga merupakan sumber lemak baik nabati bagi tubuh. Lemak yang berasal dari biji-bijian dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Cobalah rutin mengkonsumsi biji-bijian setiap hari.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber lemak yang sangat baik untuk tubuh. Selain lemak, kacang-kacangan juga kaya vitamin E, serat, dan magnesium. Rutin mengkonsumsi makanan ini dapat mengurangi resiko obesitas dan penyakit jantung. Batas asupan kacang-kacangan yang baik per hari adalah sekitar 30gr.

5. Minyak Zaitun

Kalian pasti sering dengar tentang minyak zaitun atau olive oil. Minyak ini adalah sumber lemak baik yang dapat digunakan untuk memasak. Minyak ini dapat menyeimbangkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah tubuh. Jenis-jenis minyak zaitun yang dapat digunakan untuk memasak adalah extra virgin, virgin, refined, pure, dan light.

Walaupun makanan-makanan di atas mengandung lemak baik, ingat, lemak jenis apapun tetap menyumbang 9 kalori per gramnya. Jadi, sebaiknya kalian mengkonsumsi secukupnya, ya.

Salam sehat!

Cheers

😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s