Yoga: Improves Breathing and Flexibility

Dulu, awal ngegym, aku males banget yoga. Pernah beberapa kali coba ikut, tapi ga dapet feel-nya. Bertahun-tahun aku cuma ngelakuin angkat beban dan kardio.

Belakangan, setelah mulai mengajar Bodypump, aku mulai ngerasain perubahan badanku. Yang tadinya ga terlalu kaku, jadi kaku, berasa jompo di umur muda 😂

Nah, belakangan aku ikut yoga. Rajin loh. Pasti aku sempetin sekali seminggu. Setelah rutin sekian bulan, berasa banget bedanya. Contohnya, yang tadinya child pose pantatnya ga bisa nempel di kaki, sekarang udah bisa.

What is Yoga?

Sebenernya apa itu yoga? Yoga termasuk salah satu disiplin atau ilmu berasal dari India yang melatih fisik, mental, dan spiritual. Di sini kita bakal belajar kelenturan, ketenangan, dan bernafas yang baik. Ada meditasinya juga di akhir kelas. Meditasi di sini ga ada nilai keagamaan sama sekali, ya, cuma untuk relaksasi.

Benefits of Yoga

Manfaat yoga itu ada banyaaaaaaak banget. Aku udah ngerasain sendiri manfaat yoga.

1. Mengurangi Stres

Kalo ini, rata-rata semua olahraga pasti mengurangi stres. Why? Waktu kita berolahraga, tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kita ngerasa happy dan menjaga kekebalan tubuh. Waktu ngelakuin yoga juga sama. Tubuh ngeluarin hormon ini sehingga kita ngerasa stres kita berkurang.

2. Meningkatkan Kebugaran dan Kelenturan

Ini iya banget. Aku ngerasain sendiri bedanya sebelum dan sesudah rutin ikut yoga. Terutama buat kalian yang olahraganya hardcore kaya aku, ngelakuin yoga 1-2 kali seminggu secara rutin itu PENTING buat ngelatih kelenturan badan. Biar ga berasa jompo di usia muda 😂

Ngelakuin yoga rutin juga bisa benerin postur tubuh loh. Ini aku alamin sendiri. Sebelum training Bodypump, posturku itu bungkuk dan ga sadar kalau aku bungkuk. Karena ceritanya emang sehari-hari posturku begitu. Waktu mau training, mentor bilang ke aku kalau aku tuh kurang tegap. Dari situ, aku mulai rutin yoga 1 kali seminggu, dan tiap harinya aku ngelakuin cobra pose 5 nafas sebanyak 3 repetisi. Sebelum kalian rutin ngelakuin ini, tanya dulu ya cara yang bener untuk eksekusinya, soalnya dulu aku sempet salah tangkep 😂

Tapi gimana ceritanya, ya, yoga ningkatin kebugaran? Yoga ningkatin kebugaran dengan ngelatih nafas. Orang yang rutin ikut yoga, pernafasannya bakal berkembang baik. Kita secara ga sadar bakal nerapin pernafasan yoga ke hal-hal yang kita lakuin sehari-hari, bahkan saat olahraga. Kalau nafasnya lancar, kita ga bakal bengek waktu lari 😂

3. Melatih Kardio Tanpa Gerakan-Gerakan High Impact

Gerakan high impact di sini itu maksudnya gerakan yang punya efek besar untuk heart rate dan otot tubuh, misalnya lari, sprint, squats, lompat-lompat, dll. Nah, dalam yoga ga ada tuh gerakan-gerakan kaya begitu, tapi heart rate kita naik, jantung deg-degan, dan keringetan juga loh. Tergantung posenya ya. Aku suka ikut gentle yoga, yoga yang gerakannya pelan dan lambat, tujuannya buat dapetin set up dan eksekusi pose yang bener, dan di bagian akhir pose pasti ada holding the pose selama beberapa nafas. Saat nahan pose ini, eksekusinya bikin deg-degan, keringetan, dan badan gemeter hahahahahahaha. Intinya, yoga bisa melatih kardio tanpa kita harus maksain badan kita bekerja keras.

Dan masih banyak lagi manfaatnya. Ini manfaat-manfaat yang aku rasain selama 3-4 bulan rutin yoga. Mungkin nanti setelah lebih lama ikut, aku bakal temuin manfaat lain.

Salam sehat! 💪

Cheers

😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s