Benarkah Diet Mayo Bisa Turunkan Berat Badan Drastis?

Aku sering banget denger orang-orang di gym bahas soal diet mayo.

Iya, nih, lagi diet mayo. 14 hari doang. Ga pake garem, bumbu-bumbu gitu. Turunnya cepet banget loh, banyak lagi.

Aku pernah cobain katering mayo langganannya temen (dia pingin turun bb, terus langganan gitu), dan aku sangat tidak tertarik langganan katering jenis ini. Mostly, karena alesan hambar, ga ada rasa, dan GA ENAK! (honestly, diet ya diet, tapi bukan berarti makanannya ga enak kaya gitu)

Kalian bisa lihat contoh menu diet mayo di atas. Biasanya breakfast diet mayo cuma teh atau kopi tanpa gula (kalau pakai gula, disuruh gula 0 kal). Untuk 1 porsi lunch cuma 200 kal loh (2 butir telur rebus + bayam + kentang rebus = 100 + 60 + 50 = 210). Untuk menu dinner juga sekitar 200-300 kal (anggep aja 300 lah). Berarti total kalori yang masuk sehari cuma 510 kal. Kebayang dong, yang normalnya masukin 1200-1500 kal, langsung motong 1000 kal selama 14 hari (berarti 14000 kal hilang 😱). Ga heran diet mayo pake katering turunnya cepet banget (dan nyiksa). Please note, diet ini sangat ga dianjurkan untuk jangka panjang. Dan aku jamin, setelah 14 hari pasti bb naik lagi.

Sebenernya, diet mayo itu bagus loh. Yang aku ga setuju adalah pemilihan menunya. Kalau kalian memang pingin coba diet mayo, aku sarankan kalian coba sendiri, jangan pake katering (kecuali pemilihan menunya baik).

Diet mayo adalah diet yang berasal dari buku yang ditebitkan oleh Mayo Clinic, yang bertujuan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Dari tujuannya udah jelas bahwa diet ini sangat bisa untuk jangka panjang (ga kaya yang di katering-katering).

Menurut bukunya, kita memang pasti akan turun bb dalam 2 minggu pertama, yang disebabkan oleh penggantian pilihan makanan. Diet mayo paling mengutamakan buah-buahan dan sayur-sayuran, setelah itu baru karbohidrat, dan seterusnya (sesuai gambar piramida di atas). Dalam jangka panjang, diet ini akan mengubah kebiasaan kita yang biasanya suka makan dan minum yang manis-manis, jadi beralih ke cemilan yang lebih sehat (buah, sayur, dan kacang). Walaupun diet ini banyak mengkonsumsi buah dan sayur, tetap diharuskan untuk berolahraga dengan intensitas sedang ±30 menit sehari.

Diet mayo juga ada pembatasan pengurangan kalori loh. Menurutku, ini penjelasan paling make sense kenapa diet ini bagus untuk jangka panjang. Lagi-lagi, kalian jangan ngikutin menu katering kalau mau ngelakuin jangka panjang.

Pembatasan Kalori Cewek

< 110kg = 1200 kal

110-135kg = 1400 kal

> 140kg = 1600 kal

Pembatasan Kalori Cowok

< 110kg = 1400 kal

110-135kg = 1600 kal

> 140kg = 1800 kal

Asupan kalori disesuaikan dengan berat badan ya. Kalau udah turun bb, asuplah kalori sesuai dengan bb yang tertera.

Terjawab sudah kenapa diet mayo pake katering turun cepet banget. Like I said, cintai diri sendiri, love our body. Target itu perlu, tapi jangan pernah body-shame diri sendiri.

Salam sehat! 💪

Cheers

😎

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s